Skip to main content

Materi Fungsi manajemen (Planning /perencanaan)


 MAKALAH
Fungsi manajemen (Planning /perencanaan)
                                           Dosen: Yadi Isman, SE., ME

DISUSUN OLEH :
SRI MARYATI
175310079

AKUNTANSI (S1)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
2018


PENDAHULUAN
1.1             Latar Belakang Masalah
 Perencanaan merupakan proses dasar manajemen di dalam mengambil suatu keputusan dan  tindakan. Perencanaan akan ada dalam setiap fungsi manajemen karena fungsi-fungsi   tersebut hanya dapat melaksanakan keputusan yang telah ditetapkan dalam perencanaan.
 Ada 4 (empat) tingkat kemampuan dasar dalam melakukan kegiatan planning atau   perencanaan, yaitu: Insight: kemampuan untuk menghimpun fakta dengan jalan mengadakan  penyelidikan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan masalah yang direncanakan.
·         Insight: kemampuan untuk menghimpun fakta dengan jalan mengadakan penyelidikan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan masalah yang direncanakan.
·         Forsight: kemampuan untuk memproyeksikan atau menggambarkan jalan atau cara-cara yang akan ditempuh, memperkirakan keadaan-keadaan yang mungkin timbul sebagai akibat dari kegiatan yang dilakukan.
·         Studi eksploratif: kemampuan untuk melihat segala sesuau secara keseluruhan, sehingga diperoleh gambaran secara integral dari kondisi yang ada.
·         Doorsight: kemampuan untuk mengetahui segala cara yang dapat menyamarkan pandangan, sehingga memungkinkan untuk dapat mengambil keputusan.
1.2             Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
1.       Pengertian salah satu fungsi manajemen khususnya yaitu, planning atau perencanaan
2.      Unsur-unsur planning atau perencanaan dan Penggolongan perencanaan
3.      Sifat-sifat perencanaan
4.      Proses pembuatan perencanaan
5.      Siapa Pembuat perencanaan serta Bentuk-bentuk perencanaan
1.3            Tujuan Perencanaan
Untuk mengetahui segala ruang lingkup pengetahuan tentang fungsi manajemen khususnya Planning / perencanaan.

PEMBAHASAN
Perencanaan (planning) Merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pemilihan alternatif-alternatif, kebijaksanaankebijaksanaan, prosedur-prosedur, dan program-program sebagai bentuk usaha untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.
A. Unsur-unsur Perencanaan
 Perencanaan yang baik harus dapat menjawab enam pertanyaan yang disebut sebagai unsur-unsur perencanaan yaitu: Tindakan apa yang harus dikerjakan?, Apa sebabnya tindakan tersebut dilakukan?, Dimana tindakan tersebut dilakukan?, Kapan tindakan tersebut dilakukan?, Siapa yang akan melakukan tindakan tersebut?, Bagaimana cara melaksanakan tindakan tersebut?.
 Selain itu ada lima dasar penggolongan rencana, yaitu:
1. Bidang fungsional yang didasarkan pada fungsi-fungsi yang ada dalam suatu organisasi   atau perusahaan
2. Tingkatan organisasional; yang termasuk dalam keseluruhan organisasi dan satuan kerja organisasi
3. Sifat; rasionalitas, formalitas, fleksibilitas, kompleksitas, kerahasiaan, biaya, kuantitatif dan kualitatif, waktu, dan lain-lain
4. Waktu; jangka pendek, menengah, dan jangka panjang
5. Unsur-unsur rencana yang diwujudkan dalam bentuk anggaran, program dan kebijaksanaan.
B. Sifat-sifat perencanaan yang baik antara lain:
1. Pemakaian kata-kata yang sederhana dan jelas yang mudah dipahami untuk mengurangi penafsiran yang berbeda-beda
2. Fleksibel; rencana harus dapat menyesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya.
3. Stabilitas; tidak perlu setiap rencana harus mengalami perubahan dan harus dijaga stabilitas rencana tersebut
4. Ada dalam perimbangan; pemberian waktu dan faktor-faktor produksi kepada siapa tujuan organisasi seimbang dengan kebutuhan
5. Meliputi seluruh tindakan yang dibutuhkan, jadi meliputi fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi.

C. Proses pembuatan rencana:
a. Menetapkan tugas dan tujuan; antara tugas dan tujuan tidak dapat dipisahkan . Tugas merupakan apa yang harus dilakukan, tujuan yaitu suatu nilai yang akan diperoleh
b. Observasi dan analisa; faktor-faktor yang dapat mempermudah dalam pencapaian tujuan
c. Mengadakan kemungkinan-kemungkinan; kemungkinan-kemungkinan yang diperoleh dapat diurut atas dasar tertentu seperti waktu, biaya, efisiensi dan efektifitas.
d. Membuat sintesa; alternatif yang akan dipilih dari kemungkinan yang ada.
D. Siapa Pembuat Rencana
1. Panitia perencanaan; masing-masing panitia membawakan misinya untuk menghasilkan suatu rencana, dengan harapan rencana yang dibuat akan lebih baik.
2. Bagian perencanaan; suatu unit dalam suatu organisasi yang bertugas khusus membuat rencana, dan tidak ada unsur perwakilan yang mewakili bagian suatu organisasi
3. Tenaga staff; ada dua kelompok fungsional yaitu; a. Pelaksana; tidak disamakan dengan pemimpin, yaitu kelompok yang langsung menangani pekerjaan b. Staff (pemikir); kelompok yang tidak secara langsung menghasilkan barang atau produk perusahaan yang bertugas untuk menganalisa fakta untuk kemudian merencanakan sesuatu guna.
E. Bentuk-bentuk perencanaan
 Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya perbedaan perencanaan meskipun berada dalam suatu organisasi yang sama yaitu:
1. Perbedaan dalam bentuk organisasi dan misi yang akan dicapai
2. Adanya perbedaan waktu pelaksanaan kegiatan perencanaan
3. Setiap manajer mempunyai gaya kepemimpinan sendiri sehingga perencanaan yang diambil juga akan berbeda.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-jenis Perusahaan Dan Contoh Ayat Jurnal Penyesuaian(AJP)

AKUNTANSI PENGANTAR 1 A.    Jenis-jenis perusaahan 1.       Perusahaan manufaktur Adalah perusahaan yang mengolah bahan-bahan baku menjadi barang jadi atau barang setengah jadi. Persediaan:   a. persediaan barang baku b. persedian barang jadi c. barang jadi 2.       Perusahaan dagang Adalah perusahaan yang membeli dan menjual kembali barang dagang, dengan tanpa memproses terlebih dahulu. Persediaan: a. persediaan barang dagang 3.       Perusahaan jasa Adalah perusahaan yang memberikan jasa kepada pelanggan. B.      Jenis perusahaan akan mempengaruhi format laporan laba rugi Jenis organisasi perusahaan: ·            Perorangan adalah perusahaan yang dimiliki satu orang/ satu pihak. ·            Persekutuan adalah perusahaan yang dimiliki oleh dua orang/ lebih ·            Perseroan tebatas (PT) adalah kepemilikan perusahaan berdasarkan saham. ·            Koperasi adalah kepemilikan ditangan anggota. Konsep Perbandingan Dan Proses   Penyesuaian

Materi Ekonomi Makro

MAKALAH MAKRO EKONOMI PENGANGGURAN DOSEN: IRA MEIKE ANDARIYANI, SE., ME DISUSUN OLEH : SRI MARYATI          175310079 AKUNTANSI (S1) FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM RIAU T.A   2017/2018 KATA PENGANTAR Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat ALLAH SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini yang Alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “ PENGANGGURAN ” Makalah ini berisikan tentang ilmu makro ekonomi yang mencangkup apa yang dipelajari para ekonom makro, bagaimana ekonom berfikir dan data makro ekonomi. Tujuan saya membuat makalah makro ekonomi ini agar saya dan para pembaca makalah ini lebih memahami tentang ilmu ekonomi makro, relevan, dan (percaya atau tidak) menyenangangkan. Saya harap makalah ini tisak hanya menambah kebbijakan profesi, tetapi juga antusiasme dan semangatnya. Saya menyadari bahwa makalah ini masih j